Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation
untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Microsoft Excel
sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam
komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan
program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak.
Langkah – langkah menggunakan Microsoft excel Hampir Sama seperti menggunakan Microsoft word
- Pilih start
- Program
- Microsoft office
- Microsoft excel
- Pada Windows yang muncul letakkan cursor dimana anda akan mulai mengetik.
Ukuran kertas merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi ketika membuat
dokumen, termasuk saat menggunakan Microsoft Excel. Secara umum ada
berbagai macam ukuran kertas, diantaranya :
- Ukuran kertas Folio : 8 1/2 x 13 inci ( 21,59 cm x 33,02 cm)
- Ukuran kertas Letter : 8 1/2 x 11 inci ( 21,59 cm x 27,94 cm)
- Ukuran kertas Legal : 8 1/2 x 14 inci ( 21,59 cm x 35,56 cm)
- Ukuran kertas A4 : 21 x 29,7 cm
- Ukuran kertas : A3 29,7 x 42 cm
- Ukuran kertas : A3+ 32,9 x 48,3 cm
Ukuran kertas lainnya Dari berbagai macam ukuran kertas tersebut, ada 4
macam ukuran kertas yang paling sering digunakan untuk membuat dokumen
yakni ukuran kertas Folio atau 8 1/2 x 13 inci, letter, legal dan A4.
Untuk memilih, merubah dan mengatur ukuran kertas yang hendak anda
gunakan.
Untuk membuat dokumen di Microsoft Excel anda dapat menggunakan langkah berikut :
- Klik menu ribbon Page Layout
- Pada grup page setup, pilih tombol Size.
- Pada daftar yang ditampilkan, pilih ukuran kertas yang akan digunakan, misal ukuran Legal.
- Dokumen anda kini menggunakan kertas yang telah anda pilih, misalkan berukuran Legal.
Saat membuat dokumen atau laporan resmi, pengaturan margin sangat
berarti sebab kita terikat oleh aturan-aturan penulisan dokumen. Oleh
karena itu kita pun harus mengatur margin dokumen Microsoft Excel kita
agar sesuai dengan aturan yang berlaku, misalnya keharusan untuk membuat
ukuran Margin kiri, atas, kanan dan bawah berturut-turut adalah 4, 4,
3, dan 3 centimeter (cm). Untuk membuat dan mengatur ukuran margin di
Microsoft Excel adna dapat menggunakan langkah berikut.
Pastikan unit standard yang di pakai di Microsoft Excel anda sudah
sesuai, yakni menggunakan satuan metric, baik centimeter ataupun
milimeter. Bila belum, anda bisa merubah satuan standard yang dipakai
dari menggunakan unit inches menjadi menggunakan unit centimeter. Bila
anda tidak melakukannya, maka anda harus mengisi angka untuk margin
tersebut dengan nilai hasil konversi margin yang dalam centimeter ke
inci.
- Klik menu ribbon Page Layout
- Kemudian pada grup page setup klik tombol margin
- Pada popup menu yang ditampilkan pilih item Custom Margins yang terletak di bagian bawah.
- Selanjutnya pada dialog Page Setup yang muncul, Pilih tab Margins
- Lalu isikan kotak left dengan nilai margin kiri yakni 4 cm, kotak top dengan nilai margin atas (4 cm), Margin kanan (3 cm) dan margin bawah (3 cm).
- Setelah selesai klik tombol OK untuk menyimpan konfigurasi.
- Dokumen anda kini telah memiliki margin sesuai dengan yang anda isikan.
- Cara Menambahkan Workbook
Klik Office Button ( ) yang terletak pada pojok kiri atas dokumen.
Pilih New.
Pada kotak dialog yang muncul pilih Blank Workbook.
Klik Create
Cara 2:
Tekan tombol Ctrl bersamaan dengan tombol N (Ctrl+N) pada keyboard.
- Cara Menambahkan Worksheet
Tekan tab Insert Worksheet yang terletak disebelah kanan Sheet3.
Cara 2:
Tekan tombol Shift+F11 pada keyboard.
Cara 3:
Klik kanan pada salah satu tab worksheet
Pilih Insert
Pada kotak dialog yang muncul pilih Worksheet
Klik OK.
- Cara Mengganti Nama Worksheet.
Klik kanan tab worksheet yang akan diganti namanya
Pilih Rename.
Ketikkan nama baru.
Cara 2:
Klik 2 kali tab worksheet yang akan diganti namanya
Ketikkan nama baru
- Cara Menghapus Worksheet .
Pilih Delete
- Cara Membuka Workbook
Klik Office Button.
Pilih Open.
Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
Klik Open
Cara 2:
Tekan tombol Ctrl+O pada keyboard.
Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
Klik Open
- Cara Menyimpan Workbook
Klik Office Button.
Pilih Save.
Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
Pada kotak isian file name isikan dengan nama yang diinginkan.
Klik Save
Cara 2:
Tekan tombol Ctrl+S pada keyboard.
Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
Pada kotak isian file name isikan dengan nama yang diinginkan.
Klik Save
- Cara Menutup Workbook Microsoft Excel 2007
Klik Office Button.
Pilih Close.
Cara 2:
Klik tombol Close pada pojok kanan atas dokumen.
Cara 3:
Tekan tombol Ctrl+W pada keyboard.
Contoh Pembuatan Lembar Kerja Pada Microsoft Excel :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar